Minggu, 20 November 2011

Handphone


Semakin canggih perkembangan teknologi, maka potensi timbulnya efek samping atas penemuan-penemuan tersebut pun semakin berbahaya. Seperti yang sering kita dengar belakangan, banyak orang memberi peringatan atas bahaya radiasi yang ditimbulkan oleh HP. Ada beberapa cara untuk meminimalisir efek radiasi.



1. Say no to bluetooth and wireless headsets, karena perangkat ini bisa menimbulkan pancaran radiasi tambahan yang diproduksi oleh HP. Gunakanlah headset yang terhubung langsung dengan HP.
2. Sinyal labil? Mendingan enggak usah maksa nelepon. Saat kita ngotot melakukan koneksi terhadap jaringan sekitar, hal ini dapat menimbulkan radiasi yang sangat besar.
3. Hindari perangkap besi. Sebisa mungkin, tahan dulu deh hasrat menelepon di dalam kendaraan, lift, atau tempat-tempai lain yang banyak mengandung unsur besi. Hal ini dikarenakan besi bisa memantulkan radiasi yang dihasilkan HP ke arah penggunanya.
4. Jauhkan dari kuping. Saat kita menelepon seseorang dan belum ada jawaban, jangan dulu menempelkan HP ke kuping.
5. Singkat-padat-jelas. Usahakan menelepon hanya seperlunya saja. Kalau mau mengobrol panjang-lebar, lebih baik buat janji ketemuan saja. Selain menghindari risiko terkena radiasi, kita juga bisa lebih akrab kan sama orang yang kita ajak ngomong.

    Jangan pernah menyepelekan radiasi, karena biasanya efek radiasi ini baru terasa dalam jangka waktu panjang.